-->

Eksperimen Pengaruh Musik Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Pengaruh musik terhadap pertumbuhan tanaman


Hallo, scientist semua! Pada kesempatan kali ini, kita akan melakukan eksperimen yang seru lagi seputar konsep pertumbuhan tanaman. Dalam proses pertumbuhan, tanaman secara prinsip dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni internal dan eksternal. 

Perbedaannya, untuk pengaruh internal lebih berasal dari tanaman itu sendiri misal berupa kandungan hormon sebagai senyawa yang dihasilkan oleh bagian tubuh tanaman yang kemudian diangkut menyebar ke bagian tubuh lainnya yang dapat memicu suatu respon di dalam sel dan jaringan dari tumbuhan tersebut. Sementara faktor eksternal, lebih mengarah kepada pengaruh lingkungan sekitar tanamannya sebagai contoh ketersediaan air, nutrisi, suhu, kelembaban, intensitas cahaya, oksigen, serta getaran bunyi.

Tujuan percobaan ini lebih mengacu terhadap pembuktian perlakukan stimulasi getaran suara yang dihasilkan oleh musik terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau yang akan ditunjukkan dengan hasil pengamatan ketinggian tanaman terkait selama 7 hari. 

Karena tumbuhan dapat merespon jenis musik yang berbeda, jadi untuk eksperimen ini kita akan menggunakan musik ber-genre rock. Kamu pasti sudah tidak sabar kan untuk melakukan percobaan ini? Yuk, langsung saja simak secara lengkap urutan langkah kerjanya serta penjelasan serunya dalam ringkasan artikel berikut ini!


Alat dan Bahan

Dalam kegiatan percobaan ini, kita perlu mempersiapkan alat dan bahan sebagai berikut :

  • Sebanyak 3 buah gelas plastik yang akan dijadikan pot untuk tanaman kacang hijau
  • Sebuah penggaris sebagai alat ukur
  • 1 buah alat skop tanah
  • Tanah humus
  • Air
  • Biji kacang hijau
  • Speaker musik

Langkah-Langkah Percobaan

Sementara untuk langkah-langkah yang harus diikuti :

  • Pertama, siapkan 2 buah gelas plastik yang masing-masingnya akan diisi dengan tanah berhumus sebanyak ¾ dari ukuran gelas tersebut. Untuk setiap gelasnya diberikan tanda dengan ketentuan sebagai berikut.

a.       Gelas A : diberikan musik rock

b.      Gelas B : tanpa diberikan musik

  • Selanjutnya, lakukan penanaman masing-masing 1 biji kacang hijau ya pada setiap gelas yang telah diberikan tanda A dan B sebelumnya.
  • Letakkan gelas-gelas tersebut di masing-masing tempat yang berbeda dan berikan perlakuan penelitian dengan memutarkan musik rock kepada gelas A selama durasi 4 jam sehari selama 7 hari, yakni 2 jam pada siang hari serta 2 jam sisanya lagi pada sore hari. Ingat, untuk gelas B tidak perlu diputarkan musik ya!

  • Kemudian, siram kedua gelas yang berisi benih kacang hijau tersebut secara bergantian dan terjadwal.
  • Amati dan jangan lupa untuk mencatat setiap perkembangan pertumbuhan dari masing-masing tanaman yang diberikan perlakuan berbeda tersebut di bukumu!


Mengapa Tanaman Kacang Hijau yang Diberikan Perlakuan Pemutaran Musik Rock Mengalami Tumbuh Kembang yang Cepat ?

Karena secara konsep gelombang suara yang dihasilkan oleh musik rock ini mampu mempengaruhi gerakan nutrisi, sehingga proses penyerapan nutrisi yang terjadi pada tanaman menjadi semakin baik. 

Fenomena ikut bergetarnya tumbuhan kacang hijau yang disebabkan oleh faktor pengaruh bunyi, akan mengakibatkan penyerapan energi yang berasal dari gelombang mekanik dan membuat rangsangan terjadinya pembukaan mulut daun atau yang lebih dikenal secara luas dengan sebutan stomata dalam menyerap zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tanaman untuk dapat tumbuh sekaligus berkembang. 

Singkatnya, pembukaan stomata terjadi jika kedua sel penjaganya itu bergetar karena adanya peningkatan tekanan akibat peristiwa resonansi suara yang dihasilkan dan menyebabkan masuknya air ke dalam sel-sel tumbuhan.

Hal ini ditunjukkan dengan hasil ketinggian tanaman kacang hijau pada gelas A yang mendapat perlakuan pemutaran musik rock terbukti lebih tinggi jika dibandingkan dengan kacang hijau yang berada pada gelas B (tanpa perlakuan pemutaran musik). 

Bukan hanya merangsang terjadinya pembukaan stomata, gelombang suara musik ini juga mampu mempengaruhi pergerakan dari gas karbondioksida (CO2) yang ada di sekitar daun untuk memudahkan tanaman  dalam melakukan proses pembuatan makanan sendiri atau fotosintesis.

Sebenarnya, pemanfaatan pemberian musik pada tanaman ini merupakan bentuk wujud dari teknologi baru Sonic Bloom. Cara ini lebih memfokuskan suatu hal kepada karakteristik suara yang dapat diterima oleh tanaman. Sebagai salah satu inovasi yang populer dalam ilmu pengetahuan di bidang pertanian, Sonic Bloom banyak diterapkan sebagai upaya budidaya tanaman sebab terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan serta produktivitas dari banyak tanaman.


Apa Faktor Lain yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Percobaan Ini ?

Dalam percobaan ini, wajib untuk memperhatikan lokasi sebagai tempat pemberian musik terhadap tanaman kacang hijau. Perbedaan lokasi dapat mempengaruhi hasil pengamatan uji yang dilakukan karena akan muncul perbedaan suhu sekitar lingkungan sebagai salah satu faktornya. 

Peningkatan suhu lingkungan juga memiliki andil terhadap kenaikan suhu tanah. Jika suhu tanah itu tinggi, maka kandungan air serta unsur hara lain yang ada di dalamnya akan berkurang dan berakibat pada sulitnya penyerapan nutrisi oleh tanaman yang tentu saja akan menghambat progress pertumbuhan dan perkembangannya. Namun sebaliknya, jika suhu tanahnya rendah maka akan bertambah pula kandungan air di dalamnya, bahkan hingga pada kondisi ekstrim dapat terjadi peristiwa pengkristalan.


Eksplorasi

Pengembangan eksperimen kali ini dapat dimulai dari variasi penggunaan jenis tanaman uji yang lain seperti mungkin biji tomat maupun cabai rawit untuk menggantikan kacang hijau. Selain itu juga, kamu bisa memberikan perlakuan dengan memutarkan genre musik yang berbeda dari rock dalam percobaan di atas menjadi musik tradisional, jazz, klasik, dangdut, pop, atau bahkan lantunan suara adzan. Jadi, kamu dapat meneliti hal baru yang dapat menjadi pembanding terhadap percobaan ini!


Sumber Referensi :

https://id.scribd.com/document/438367797/Penelitian-Pengaruh-Musik-Terhadap-Pertumbuhan-Kacang-Hijau

https://id.scribd.com/doc/160395214/Pengaruh-Music-Terhadap-Tanaman

https://dengarden.com/gardening/the-effect-of-music-on-plant-growth

0 Response to "Eksperimen Pengaruh Musik Terhadap Pertumbuhan Tanaman"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan

Rekomendasi Postingan

10 Ide Proyek Sekolah Berbasis STEM

Proyek sekolah sudah menjadi kalimat yang tidak asing dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Hal ini dikarenakan kemendikbud mewaj...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel