-->

Membuat Roket Balon Dengan Mudah

Hallo saintis-Apakah kamu pernah melihat proses peluncuran roket? Atau kamu pernah membuat roket sendiri di rumah? Pasti seru banget yaa kalau kita bisa meluncurkan roket buatan sendiri hhe.

Nah, di sini kita akan belajar cara membuat roket sederhana dari bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah. Dengan membuat roket sendiri, kita bisa mempelajari bagaimana sebetulnya roket itu bekerja.

Penasaran bagaimana caranya? simak langkah-langkahnya berikut ini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Balon udara
  • Gunting
  • Benang
  • Sedotan pelastik
  • Selotip

Langkah-langkah pembuatan roket balon

membuat roket balon
  1. Potong benang, kemudian ikatkan salah satu ujungnya ke tempat yang cukup tinggi ( kira-kira 100 cm). Jika ada kursi kamu juga boleh mengikatnya di kursi.
  2. Potong sedotan kira-kira 20 cm, kemudian masukan ke salah satu ujung benang yang tadi sudah di ikat. setelah itu, ikat ujung tali satunya ke sisi yang berbeda sehingga benang membentang dengan kencang.
  3. Tempelkan selotif di bagian atas sedotan. Usahakan gunakan selotif yang kuat agar tidak mudah lepas.
  4. Tiup balon sampai membesar, kemudian pegang ujungnya agar udaranya tidak keluar.
  5. Letakkan balon di bawah sedotan dan gunakan selotip untuk menempelkan balon ke sedotan.
  6. Geser roket balon  ke salah satu ujung tali.
  7. Lepaskan balonnya dan lihat balon itu terbang! Apakah sampai ke kursi yang lain
  8. Tiup balonnya dan coba lagi, atau pasang dua benang dan ikuti lomba roket balon dengan teman mu.

Mengapa hal ini terjadi?

Saat kita meniup balon, kita menciptakan tekanan udara yang lebih tinggi di dalam balon dibandingkan di luar. Saat kita melepaskan balon, udara akan mengalir keluar dan mendorong balon ke arah yang berlawanan. 

Jika kita meniup balon dan melepaskannya, balon akan terbang ke seluruh ruangan ke segala arah (cobalah!). Dengan menempelkan balon ke sedotan dan tali, kita dapat mengontrol ke arah mana udara keluar dari balon dan ke arah mana balon itu terbang. Roket balon akan terus bergerak hingga seluruh udara keluar dari balon.

Konsep ini dikenal dengan hukum ketiga newton yaitu "setiap aksi akan ada reaksi". Jadi ketika udara keluar dari balon, maka udara akan bergerak kebelakang dan sebagai aksinya maka balon bergerak ke depan. Konsep ini juga yang digunakan dalam peluncuran roket ke luar angkasa loh, Keren banget kan.

Eksplorasi

Bagaimana jika kita menggunakan balon dengan ukuran dan bentuk berbeda? Gunakan stopwatch untuk melihat balon mana yang berhasil mencapai ujung tali yang lain dalam waktu sesingkat-singkatnya. 

Bisakah roket balon membawa muatan? Gunakan kotak sereal untuk membuat kotak kecil dan ringan untuk membawa mainan kecil atau bahkan permen dari satu ujung tali ke ujung lainnya.

0 Response to "Membuat Roket Balon Dengan Mudah"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan

Rekomendasi Postingan

10 Ide Proyek Sekolah Berbasis STEM

Proyek sekolah sudah menjadi kalimat yang tidak asing dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Hal ini dikarenakan kemendikbud mewaj...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel