-->

Cara Mudah Membuat "Vocal Visualizer" dan Penjelasan Lengkapnya

Vocal Visualizer merupakan alat yang digunakan untuk mengubah suara atau vokal menjadi representasi visual, dalam bentuk gambar yang dinamis. Percobaan ini bisa menjadi cara kreatif untuk menyajikan data suara atau menciptakan efek visual yang menarik yang berkaitan dengan vokal atau suara yang dihasilkan. Semakin teratur pola yang dihasilkan semakin bagus pula vocal yang keluar dari sumber bunyi tersebut.

Pada artikel kali ini kita akan membuat vocal visualizer, sebuah alat yang akan mengubah getaran suara menjadi pola lissajous dalam bentuk resonansi sinar laser. Untuk menggambarkan suara kita menjadi pola laser yang menakjubkan kita perlu mengubah gelombang suara kita kedalam suatu getaran.


Alat dan Bahan yang diperlukan untuk membuat Vocal Visualizer


Alat dan bahan vocal visualizer

  • Laser atau pointer laser dengan daya rendah, gunakan yang seukuran jari tangan.
  • Balon dengan ukuran sedang.
  • Karet gelang.
  • Gunting.
  • Serpihan cermin kurang lebih 1cm x 1 cm.
  • Pipa PVC atau Botol pelastik
  • Pemotong pipa/Cutter

Langkah pembuatan Vocal visualizer

  • Gunakan gunting untuk memotong bagian leher balon, potong sekitar separuh antara bukaan dan bagian terluas balon.
  • Regangkan balon di salah satu ujung pipa  yang terbuka, ini akan berfungsi sebagai membran balon.
  • Tempatkan doubletip kecil pada serpihan kaca yang tadi sudah di siapkan.
  • Tempelkan potongan cermin ke membran balon yang tadi sudah di siapkan dengan bagian kaca yang mengkilap menghadap ke luar.
    Ilustrasi vocal visualizer

Langkah-Langkah Percobaan

  • Arahkan sinar laser menuju cermin yang ada di membran balon. (kamu bisa membuat frame dari pipa PVC jika kamu mau)
  • Vocal visualizer atau visualisasi gelombang suara
    sumber: exploratorium.edu

  • Pastikan pantulan dari laser mengenai layar atau dinding yang bisa kita lihat.
  • Arahkan mulut/suara anda kedalam salah satu ujung pipa PVS, selain berbicara anda juga bisa teriak atau sekadar menyebutkan Do, Re Mi, Fa, So, La, Si, Do.
  • Amati pola yang terbentuk di layar/dinding, usahakan kamu melakukannya di tempat yang gelap agar pola yang terlihat di layar lebih indah.
  • Jika berhasil kamu akan melihat pola lissajous yang menakjubkan di layar.

Bagaimana penjelasan sains tentang cara kerja Vocal Visualizer?


cara kerja vocal visualizer

Saat kita mengeluarkan suara kedalam pipa, suara itu akan menyebabkan molekul udara bergetar. Kemudian molekul yang bergetar saling bertabrakan dan mengenai membran karet. Kemudian membran bergetar, yang menyebabkan cermin bergoyang. Sinar laser memantul dari cermin yang bergetar ini, menelusuri berbagai bentuk dan pola yang dapat kita lihat.

Amplitudo dan frekuensi suara berbeda yang keluar dari mulut kita menyebabkan bentuk dan pola yang berbeda. Beberapa bentuk yang kita buat akan terlihat semrawut, yang lainnya lebih teratur dan berulang (yaitu lingkaran, oval, angka delapan, dll…). Berbagai frekuensi yang kita keluarkan akan menyebabkan membran karet menari-nari dalam mode getaran resonansi. Dampaknya, tercipta gelombang berdiri bukit dan lembah yang berfluktuasi di permukaan permukaan membran. 

Misalkan bunyi yang dihasilkan berasal dari pita suara kita, kemudian kita misalkan pita suara itu sebagai suatu pegas dengan sumbu x (samping kiri dan kanan) dan sumbu y (atas dan bawah). kemudian masing-masing sumbu mempunyai frekuensi dan amplitudonya masing-masing.

Ilustrasi gelombang bunyi pada pita suara

Dari besaran-besaran tersebut maka akan dihasilkan pola lissajous berdasarkan kombinasi berikut.


Gerak harmonik yang dihasilkan oleh sinar laser yang bergerak disebut Pola Lissajous. Kombinasi gerak cermin ke atas dan ke bawah arah (sumbu y) dan arah sisi ke sisi (sumbu x) itulah yang tercipta pola-pola ini. Cermin dan laser juga bertindak sebagai tuas optik. Jika kita mengubah jarak pantulan laser ke cermin, maka akan mengubah ukuran gambar yang diproyeksikan.

"Vocal Visualizer" dapat diaplikasikan dalam berbagai konteks, termasuk seni visual, produksi musik, atau pengembangan aplikasi yang memanfaatkan data suara. Alat ini dapat memberikan dimensi tambahan dan kreativitas dalam mengeksplorasi gelombang suara.

0 Response to "Cara Mudah Membuat "Vocal Visualizer" dan Penjelasan Lengkapnya"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan

Rekomendasi Postingan

10 Ide Proyek Sekolah Berbasis STEM

Proyek sekolah sudah menjadi kalimat yang tidak asing dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Hal ini dikarenakan kemendikbud mewaj...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel