-->

Kenapa Kita Harus Bersama

"....Bahkan jumlah kamu pada saat itu ramai. Akan tetapi keadaan kamu seperti buih-buih di lautan. Dan sesunguhnya Allah akan mencabut dari (hati) musuh-musuh kamu rasa takut terhadap kamu serta akan ditimpakan (penyakit) al-Wahn (cinta kepada dunia dan takut mati) di dalam hati-hati kamu"

Ada yang menarik dari umat islam saat ini, apa yang menarik? Pertama, yang menarik dari umat islam adalah jumlahnya yang banyak. Di Indonesia sebanyak 87% penduduknya adalah umat islam.

Kedua, para pemuda memiliki semangat hijrah yang tinggi. Hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya komunitas-komunitas yang bergerak di bidang dakwah dengan bentuk syiar yang kreatif dan beragam. Misalnya ada yang bergerak di chanel youtube, menjadi konten kreatif di instagram, membuat podcast tentang nilai-nilai keislaman dan banyak media lainnya yang digunakan untuk berdakwah dengan cara yang kreatif.

Ketiga, menurut Word Giving Index 2018, Indonesia adalah negara paling dermawan di dunia, ini berarti orang Indonesia banyak yang berbuat baik dan menolong orang lain. Tetapi berdasarkan Doing Good Index 2018 atau index perbuatan baik. Indonesia menempati urutan terendah dari 15 Negara Asia yang menjadi riset dalam pengukuran faktor-faktor yang memungkinkan atau menghambat kegiatan filantropi. Mengapa hal ini terjadi? Di satu sisi dermawan dan di sisi lain memiliki index berbuat baik yang terendah. Hmm

Ternyata jika kita telusuri memang betul umat islam di Indonesia itu banyak dan banyak pula orang yang mau dan sudah berbuat baik, tetapi mereka masih berjalan sendiri-sendiri. Sehingga kebaikan-kebaikan itu tertutupi dan tidak terorganisasi dengan baik. Padahal sebagai makhluk sosial kita ketahui bahwa kita tidak bisa berjuang sendiri, kita akan tetap membutuhkan orang lain.

Mengapa begitu? Karena kemampuan kita terbatas dan itu bisa diatasi dengan kita bekerja sama saling berkolaborasi. Ini sangat penting karena setiap orang memiliki bidang keunggulannya masing-masing, dan punya peran masing-masing. Sebagai contoh sebuah tim sepak bola akan sulit mencetak gol jika para pemain di lapangan bekerja sendiri-sendiri bahkan kemungkinannya tidak akan mencetak gol.

Kenapa kita harus bersama dalam perjuangan

Ingat, bahwa karya besar itu dikerjakan oleh banyak orang dengan banyak keahlian. Sebuah organisasi atau perusahaan yang sukses tidak mungkin bekerja sendiri, pasti banyak orang hebat di dalamnya yang saling bekerjasama. Dengan bekerjasama manfaat yang dirasakan akan semakin luas dan tentunya kita juga akan lebih fokus ke bidang yang kita kuasai.

“Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang di jalan-Nya dalam suatu barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh” (Q.S 61: 4). Jadi yang di atas itu sekilas tentang amal jamai, yaa. Ingat amal jamai itu bukan sekedar kuantitas yang banyak tetapi harus terorganisasi dengan baik, bukan pula mengerjakan satu pekerjaan oleh banyak orang tetapi mengerjakan pekerjaan sesuai bidangnya untuk satu tujuan.

Terimakasih, Semoga bermanfaat ðŸ˜Š

0 Response to "Kenapa Kita Harus Bersama"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan

Rekomendasi Postingan

10 Ide Proyek Sekolah Berbasis STEM

Proyek sekolah sudah menjadi kalimat yang tidak asing dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Hal ini dikarenakan kemendikbud mewaj...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel