-->

Eksperimen Sains Sederhana: Tegangan Permukaan Air

Eskperimen Sains Sederhana


Belajar sains dengan percobaan sains sederhana akan membuat anak-anak penasaran dan siap bereksperimen. Eksperimen tegangan permukaan ini menggunakan beberapa bahan sederhana untuk membantu mengajarkan tegangan permukaan kepada anak-anak hanya dalam 5 menit! 

Eksperimen ini bisa dilakukan dengan siswa TK, Siswa sekolah dasar, menengah bahkan siswa SMA. Aktivitas sederhana ini untuk membantu anak memahami prinsip tegangan permukaan pada pelajaran IPA atau fisika. Selain itu dengan melakukan eksperimen ini tentu kita jadi bisa mengenalkan sains kepada anak-anak dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami.

Apa Itu Tegangan Permukaan


Eksperimen sains sederhana kali ini akan membahas tentang tegangan permukaan pada air. Tegangan permukaan air merupakan salah satu sifat unik dari air yang membuatnya berbeda dengan cairan lainnya. Sifat ini terbentuk karena adanya gaya tarik-menarik antara molekul air atau yang biasa disebut dengan gaya kohesi.

Karena sifat kohesi itulah, air cenderung membentuk bola-bola kecil ketika berada di permukaan yang tidak rata. Untuk menurunkan tegangan permukaan air, Anda dapat memanaskannya atau menambahkan sabun atau detergen. Kedua hal ini menyebabkan daya tarik antar molekul air berkurang

Percobaan Sederhana Tegangan Permukaan (Koin yang mengambang)


Untuk lebih memahami tegangan permukaan air, mari lakukan percobaan sains sederhana berikut.

Alat dan Bahan yang diperlukan: Untuk melakukan eksperimen ini kita akan membutuhkan wadah untuk tempat air, paper clip atau penjepit kertas, uang koin dengan pecahan 100, 200, 500 dan 100 rupiah, Sabun cuci piring, air keran, dan tisue atau lap (opsional).

Setelah alat dan bahan yang diperlukan sudah terkumpul, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengisi wadah dengan air sampai hampir penuh.

eksperimen sains sederhana

Setelah wadah diisi air, selanjutnya kita akan memasukkan koin dan paper klip kedalam wadah berisi air. Namun sebelum itu, tanyakan kepada anak-anak, apa yang akan terjadi pada koin dan paper klip tersebut. Tentunya paper klip dan koin akan terjatuh kedalam air.

Sekarang ambil kembali koin tadi dan keringkan menggunakan tisue atau anda bisa menggunakan koin baru jika memiliki banyak persediaan koin. Selanjutnya minta anak-anak untuk meletakkan koin dan paper klip tadi secara hati-hati dengan menggunakan paper klip yang sudah dilipat.

Jika anak-anak tidak berhasil, silahkan untuk mencontohkannya. Dengan cara seperti ini koin dan paper klip akan mengambang di atas permukaan air. Lakukan untuk semua jenis koin, apakah semuanya mengambang?

Eksperimen sains sederhana


Biar lebih seru, anda juga bisa mengajak anak berlomba untuk membuat sebanyak-banyaknya koin yang mengambang. Hal ini akan melatih ketenangan dan kesabaran anak-anak.

Selanjutnya kita akan memasukan cairan sabun kedalam air, minta anak-anak untuk memperhatikannya dan tanyakan kira-kira apa yang akan terjadi. Jangan lupa untuk memasukkan cairan sabun sedikit demi sedikit, lalu amati apa yang terjadi. Koin mana yang duluan jatuh dan manakah yang terkahir jatuh? apakah paper klip jatuh berbarengan dengan koin atau tetap mengambang?


Apa yang terjadi saat koin diletakkan ke atas permukaan air tanpa menggunakan paper klip?


Tentunya koin akan tenggelam kedalam air, hal ini terjadi karena koin memiliki massa jenis yang lebih besar daripada air. Ketika massa jenis benda lebih besar daripada fluida berdasarkan hukum archimedes maka benda akan tenggelam.

Mengapa Ketika Diletakan secara perlahan dengan paper klip, koin bisa mengapung?


Koin dapat mengapung di atas air karena adanya tegangan permukaan air yang membentuk selaput tipis yang dapat menahan koin agar tidak terjatuh ke dalam air.

Apakah semua jenis koin dapat mengapung di atas permukaan air?


Ternyata dari hasil percobaan tidak semua jenis koin dapat mengapung di permukaan loh, kenapa yaa bisa seperti itu. Jawabannya karena masing-masing koin memiliki berat yang berbeda, semakin berat koinnya maka semakin mudah untuk menembus tegangan permukaannya. 

Mengapa ketika dimasukkan cairan sabun koin jadi tenggelam?


Cairan sabun yang dimasukkan kedalam air membuat tegangan permukaan air berkurang. Hal ini terjadi karena cairan sabun dapat memperkecil tegangan permukaan air. Sehingga tegangan permukaan air tidak lagi mampu menahan berat dari koin dan koin pun akhirnya terjatuh kedalam air.

Selamat mencoba dan jangan lupa baca percobaan sains sederhana lainnya di sini


0 Response to "Eksperimen Sains Sederhana: Tegangan Permukaan Air"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan

Rekomendasi Postingan

10 Ide Proyek Sekolah Berbasis STEM

Proyek sekolah sudah menjadi kalimat yang tidak asing dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Hal ini dikarenakan kemendikbud mewaj...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel