-->

Perihal Iman

Bismillah. . .

Iman adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh setiap mukmin.
Karena dengan iman itulah dia mau menjalankan mana yang boleh dan mana yang dilarang.
Keimanan tidak cukup jika hanya diyakini dalam hati, ataupun sekedar diucapkan, tapi keimanan perlu dibuktikan bahkan dengan sedikit pengorbanan.

Keimanan sebaiknya bukan sesuatu yang kita dapatkan mentah-mentah dari orang lain, terus kita terima mentah-mentah. Tapi sebuah keyakinan yang kita dapatkan, kita rasakan dan kita yakini dengan penuh kesadaran.

Seandainya keimanan kita hanya sebatas tahu dan berusaha untuk meyakini nya tanpa pernah berpikir panjang dengan kesadaran, maka keimanan itu akan hambar dan lemah. Coba deh jawab yang jujur sama diri sendiri, seandainya kita lahir di keluarga non muslim terus setiap hari kita disuruh menuruti kebiasaan orang tua yang sudah kebiasaan nenek moyangnya, Apakah kita yakin akan keluar dari keyakinan orang tua dan memilih Islam? Memangnya apa alasannya?


Jika seandainya kita lahir di lingkungan yang tidak mengenal islam, apakah kita akan seperti Salman Al-Farisi berani melakukan perjalanan jauh untuk mencari kebenaran? Rasa rasanya untuk pergi ke kajian yang jaraknya tidak seberapa aja kita punya seribu satu alasan untuk menolak ajakan panitia penyelenggara ataupun kawan kita.


So, start from zero. Kita berislam karena memang pilihan yang kita yakini penuh kesadaran bahwa inilah "kebenaran yang haq" yang akan menyelamatkan kita. Bahwa ini adalah the way of life yang harus kita tempuh dengan perjuangan, pengorbanan, dan pembuktian. Bukan semata-mata pengaruh dari orang lain, tapi orang lain hanyalah perantara untuk menjemput hidayah Allah.


Semoga Bermanfaat :)


Baca juga: Nasihat Sabar

0 Response to "Perihal Iman"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan

Rekomendasi Postingan

10 Ide Proyek Sekolah Berbasis STEM

Proyek sekolah sudah menjadi kalimat yang tidak asing dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah. Hal ini dikarenakan kemendikbud mewaj...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel