4 Manfaat Pentingnya Introspeksi Diri

Mei 14, 2018


Introspeksi adalah sebuah proses pengamatan terhadap diri sendiri. Proses tersebut berupa proses mental yang disadari dengan berlandaskan pada pikiran dan perasaan.

Secara umum, Introspeksi diri biasanya dilakukan untuk memahami kelemahan pribadi. dan merupakan sebuah proses menuju pribadi yang lebih baik, sehingga dapat membantu seseorang untuk bercermin tentang diri dan kehidupannya selama ini.

Dalam hidup, kita perlu evaluasi dan belajar dari banyak peristiwa agar sampai pada tujuan yang benar. Berikut ini pentingnya Introspeksi diri:

1. Selalu Berada Dalam Petunjuk
Orang yang sering bermuhasabah akan senantiasa mendapat petunjuk dalam hidupnya. Dengan melakukan Introspeksi diri secara berkala, maka kita akan selalu berusaha untuk mengevaluasi setiap kesalahan.

Melalui introspeksi diri kita akan mampu menemukan makna dari setiap tujuan yang kita miliki dan akan semakin memastikan, apakah tujuan yang telah kita tetapkan sebelumnya sudah terarah atau belum.

2. Menjauhkan Diri Dari Penyakit Hati
Penyakit hati adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya karena dapat memperburuk kehidupan seseorang.

Dengan rutin mengintrospeksi diri, kita akan menyadari setiap kesalahan, serta mencari solusi tentang penyakit-penyakit hati yang terkadang tanpa kita sadari sering kita lakukan. Hal ini tentu membuat hidup kita lebih bermanfaat.

3. Memanfaatkan Waktu Dengan Baik
Manusia adalah sumber dari kesalahan dan kelalaian. Dengan sering mengintrospeksi diri, kita akan lebih baik dalam mengolah dan memanfaatkan waktu. karena kita akan senantiasa berupaya untuk melakukan yang terbaik untuk mengubah diri, serta menggunakan waktu untuk hal-hal yang bermanfaat.

4. Memahami Setiap Kesalahan
Tujuan yang paling utama dari introspeksi diri adalah untuk menyadari setiap kesalahan, agar lebih mudah menentukan tujuan hidup ke depan. Tujuan hidup yang tepat akan mampu membawa kita mencapai kehidupan yang lebih baik. Adapun cara melakukan introspeksi diri secara benar yaitu:

a. Mempersiapkan Waktu Yang Tepat
Sebenarnya tidak ada batas waktu untuk bermuhasabah. Karena setiap detiknya bisa kita gunakan untuk mengintrospeksi diri. Namun ada beberapa waktu yang sangat tepat untuk bermuhasabah, yaitu di waktu-waktu malam atau di sepertiga malam yang akhir. Karena saat itulah Allah Yang Maha Perkasa turun kelangit dunia untuk mendengar keluh kesah Hamba-Nya.

b. Konsisten Dalam Proses
Introspeksi adalah salah satu upaya dalam memperbaiki kehidupan. Semuanya membutuhkan proses. Maka dari itu pentingnya sifat istiqomah dalam menjalankan proses tersebut. Proses tersebutlah yang akan membuat hidup kita akan lebih baik dari sebelumnya.


Sering introspeksi diri dimanapun anda berada adalah sebuah upaya yang penting, agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik, bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk lingkungan keluarga dan dalam kehidupan bermasyarakat.

You Might Also Like

0 komentar