7 Kebiasaan Buruk Yang Harus Kamu Hilangkan Jika Ingin Sukses

April 13, 2018


Kesuksesan adalah impian setiap orang. Namun untuk menjadi orang sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan kerja keras untuk meraih setiap target kesuksesan.

Tidak ada kesuksesan yang didapat dengan instan. Dan tidak akan pernah ada orang yang menjual kesuksesan. Satu-satunya orang yang bisa memberi Anda kesuksesan adalah diri Anda sendiri.

Vince Lombardi seorang legenda football amerika pernah berkata bahwa “Harga sebuah kesuksesan adalah kerja keras, dedikasi terhadap pekerjaan, dan penentuan apakah kita menang atau kalah, kita telah mengerahkan kemampuan diri kita yang terbaik untuk pekerjaan tersebut” - Vince Lombardi.

Dalam kehidupan, ada beberapa kebiasaan buruk yang ternyata tanpa kita sadari dapat memperlambat kesuksesan, apa sajakah kebiasaan buruk tersebut? Silahkan Anda simak artikel berikut.

1. Terlalu Banyak Alasan
Kebiasaan buruk yang satu ini harus kamu hindari. Karena menurut ilmu psikologi seseorang  yang sering beralasan adalah sifat orang yang tidak bertanggung jawab. Hasil riset juga menunjukkan bahwa kebiasaan beralasan, membuat Anda mendapat tiga kerugian, yaitu:
  1. Tingkat stress kerja yang tinggi
  2. Kinerja kerja semakin rendah
  3. Kepuasan akan pekerjaan juga rendah
So, mulai dari sekarang jangan suka memberi alasan yang tidak baik. Mulailah bertanggung jawab atas setiap amanah yang diberikan.

2. Berpikiran Negatif Secara Berlebihan
Berpikiran negatif dapat membuat Anda sulit berkembang dan tumbuh menjadi seorang pesimis. Pikiran negatif biasanya terjadi akibat kurangnya wawasan keagamaan, pola asuh keluarga, dan pengalaman buruk masa lalu.

Cara terbaik untuk menghilangkan pikiran negatif adalah dengan meningkatkan kualitas ibadah, mendekatkan diri dengan Tuhan, dan berkumpul dengan lingkungan yang baik.

3. Sering Menunda Pekerjaan
Sering menunda-nunda pekerjaan dapat menurunkan produktivitas Anda dalam bekerja. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, dalam jangka panjang akan mempengaruhi kinerja Anda.

Menunda pekerjaan tanpa Anda sadari dapat menambah beban kerja, dan membuat Anda stres. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan Anda merasa cemas, gelisah, serta hilangnya produktifitas dan kreativitas dalam mengerjakan sesuatu.

Cara ampuh untuk mengalahkan sifat menunda adalah dengan memaksakan diri. Yakinkan dalam diri Anda, bahwa sesulit apa pun tugas yang dihadapi pasti bisa untuk diselesaikan.

4. Mengutamakan Sifat Malas
Sifat malas dapat membuat setiap pekerjaan terbengkalai. Jika kerja keras dapat membuat kita mencapai puncak kesuksesan, maka sifat malaslah yang membuat kesuksesan itu tertunda. Sifat malas juga bisa membawa Anda pada sebuah kegagalan dalam menjalani kehidupan.

Jika terus mengikuti rasa malas, maka akan ada banyak kesempatan yang terbuang sia-sia dalam hidup. Anda tidak akan memperoleh kesuksesan jika terus terbelenggu oleh rasa malas. Mulai sekarang buanglah jauh-jauh sifat malas Anda, dan mulai bekerja.

5. Gagal Mengolah Waktu
Pengelolaan waktu sangat penting. Bahkan orang-orang yang sudah lebih dahulu sukses memiliki manajemen waktu yang sangat bagus. Manajemen waktu yang buruk ternyata dapat juga menjadi penghambat bagi Anda untuk meraih kesuksesan. Maka dari itu belajarlah menghargai waktu.

Contoh manajemen waktu yang baik, adalah memprioritaskan waktu untuk beribadah sebagai upaya ketaatan kepada Tuhan, kemudian untuk diri sendiri, untuk bekerja, dan untuk kegiatan sosial.

6. Terbelenggu Dalam Zona Nyaman
Orang yang terbelenggu dalam zona nyaman adalah tipe orang yang sulit berkembang. Karena takut akan hal-hal baru. Takut akan hal baru dapat menghalangi Anda untuk meningkatkan kemampuan anda, mengembangkan diri dan berinovasi. Mulai dari sekarang, jangan takut untuk keluar dari zona nyaman.

7. Bergaul Dengan Teman & Lingkungan Buruk
Menurut ilmu psikologi, lingkungan dapat membentuk karakter seseorang. Jika Anda berteman dengan orang yang selalu bersifat buruk atau hidup dalam lingkungan buruk. maka Anda juga akan selalu bertindak buruk. Hal tersebutlah yang dapat menjadi penghalang Anda untuk meraih kesuksesan.

Ada beberapa ciri teman yang memiliki dampak negatif dalam diri Anda, seperti sering mengeluh, selalu menceritakan keburukan orang lain, dan lainnya.

Jika punya teman yang tidak mampu membawa perubahan yang baik dalam kehidupan Anda sebaiknya mulai sekarang batasi waktu dengan dia. Pilihlah teman yang baik agamanya, pekerja keras, jujur dan amanah.

***
Itulah beberapa Kebiasaan buruk yang harus Anda hindari Jika Ingin sukses. Semoga artikel ini bermanfaat, dan bisa memberi dampak positif untuk kita semua.

You Might Also Like

0 komentar