4 Garis Besar Kunci Sukses Hidup Bahagia

April 29, 2018


Setiap insan di dunia ini pasti menginginkan hidup dengan tenteram dan bahagia. setiap orang punya versi bahagianya masing-masing. Ada yang bahagia dengan hartanya, dan ada pula yang bahagia dengan jabatan yang dia miliki.

Meskipun begitu, banyak orang yang kurang setuju kalau jabatan atau kekayaan menjadi tolak ukur sebuah kebahagiaan. Pasalnya tidak semua kebahagiaan bisa dibeli dengan uang.

Satu-satunya kebahagiaan yang bersifat konsisten adalah yang berasal dari diri sendiri. Berikut ini beberapa kunci hidup bahagia, silahkan Anda simak.

1. Selalu Bersyukur dan Merasa Cukup
Sifat syukur adalah salah satu ciri orang beriman. Selalu bersyukur atas setiap pemberian Tuhan adalah kunci utama dalam mencapai kebahagiaan. Bersyukur juga bisa dikatakan sebagai bukti ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Orang yang selalu bersyukur akan selalu dicukupkan segala kebutuhannya. Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

"Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, “sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka pasti azab-Ku sangat berat” (QS. Ibrahim:7)."

Dalam ayat diatas di jelaskan bahwa Allah akan menambah nikmat-Nya kepada orang-orang yang selalu bersyukur dan merasa cukup.

Adapun ciri-ciri orang yang tidak pandai bersyukur, diantaranya adalah mudah mengeluh dan sering merasa kurang atas apa yang dia dapatkan.

Jauhkan diri Anda dari kufur nikmat. Syukuri setiap pemberian-Nya, Insya Allah Anda akan merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya.

2. Menjauhkan Diri Dari Penyakit Hati
Hati adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Hati manusia sering di ibaratkan raja dalam tubuh manusia. Jika hati penuh dengan penyakit, maka akan mengganggu kehidupan seseorang. Diantara penyakit hati yang dapat menghambat kebahagiaan Anda adalah sebagai berikut.

1. Iri dan Dengki
Iri adalah suatu sifat yang tidak senang dengan keberhasilan atau rezeki orang lain. Sifat ini bisa membuat Anda gelisah dan sulit mendapatkan kebahagiaan, karena terus memikirkan rezeki yang di dapatkan orang lain.

Jauhkan hati Anda dari penyakit seperti ini. Yakinlah bahwa rezeki setiap orang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Insya Allah Anda akan mendapatkan kebahagiaan.

2. Mengeluh
Mengeluh adalah suatu reaksi negatif yang keluar karena suatu permasalahan dan rasa ketidakpuasan atas apa yang diharapkan. Mengeluh adalah sifat yang dapat membuat Anda jauh dari kebahagiaan, karena dapat membuat Anda menjadi seorang yang sinis dan pesimis terhadap setiap masalah yang tengah dihadapi.

Bersyukurlah atas pekerjaan, kesehatan, keluarga, atau apapun yang Anda miliki saat ini. Ingatlah akan satu hal, bahwa terkadang hidup yang Anda keluhkan adalah hidup yang orang lain inginkan. Teruslah mensyukuri nikmat-nikmat Tuhan, maka Anda akan mendapatkan kebahagiaan yang sesungguhnya.

3. Permusuhan
Permusuhan dapat membuat rusaknya kehidupan sosial. umumnya permusuhan terjadi karena 2  hal, yang pertama karena ghibah (gosip) dan yang kedua karena dendam.

Banyak musuh dapat membuat hidup tidak tenang, dan jauh dari bahagia. Mulai sekarang jangan menghadirkan musuh dalam hidup Anda.

Bukankah banyak teman, bisa membuat kita banyak rezeki? Pilihlah teman yang senantiasa membawa Anda ke arah yang positif, Insya Allah Anda akan mendapat kebahagiaan dan ketenangan dalam kehidupan.

3. Sering Sedekah dan Berbagi
Berbagi adalah salah satu bentuk rasa syukur seseorang terhadap rezeki yang diberikan oleh Tuhan. berbagi dapat melatih seseorang untuk peduli terhadap sesama.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa berbagi dengan orang lain dapat mengurangi tingkat stress. Orang yang sering berbagi terhadap sesama memiliki ketenangan dan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan. Sedekah bukan hanya berbentuk uang atau materi yang lain. senyum di hadapan orang lain juga termasuk sedekah.


4. Menjaga Kesehatan Tubuh
"Didalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat". Tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat menjadi salah satu aset penting dalam kehidupan.

Kesehatan dan Kebahagiaan adalah dua hal yang saling melengkapi. Itu dikarenakan tubuh dan pikiran saling terhubung. Tubuh yang sehat dapat memudahkan kita untuk melakukan setiap aktivitas.

jangan malas untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


***
Demikian artikel 4 Garis Besar Kunci Sukses Hidup Bahagia setiap orang berhak untuk bahagia, dan setiap orang bahagia berhak untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Semoga kita semua menjadi insan yang penuh kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

You Might Also Like

0 komentar